Home » » Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 Siap Gaet Wisatawan

Sail Tomini dan Festival Boalemo 2015 Siap Gaet Wisatawan

Written By Unknown on 8/1/15 | 8:32 AM


Jakarta, CNN Indonesia -- Gelaran tahunan Indonesia Sail kembali digelar. Setelah sukses dengan Sail Raja Ampat pada 2014 lalu, Indonesia Sail kini diadakan di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah.

Pertama kali digelar di Bunaken pada 2009 lalu, acara tahunan ini dilanjutkan dengan Sail Banda pada 2010, Sail Wakatobi-Belitung pada 2011, Sail Morotai pada 2012, Sail Komodo pada 2013 dan terakhir Sail Raja Ampat tahun lalu.

Acara Sail Tomini 2015 merupakan rangkaian Indonesia Sail yang ketujuh, dan akan berpusat di Parigi Mountong, Sulawesi Tengah. Bersamaan dengan acara ini, akan diadakan juga Festival Boalemo di provinsi Gorontalo yang juga merupakan garis pantai dari Teluk Tomini.

Teluk Tomini merupakan teluk terbesar ke-2 di Indonesia setelah Teluk Cenderawasih di Papua yang memiliki luas sekitar 6 juta hektar dengan potensi sumber daya alam yang kaya.

Wilayah terumbu karangnya yang memiliki luas 1.031 hektar dan hutan mangrove dengan luas sekitar 785,10 hektar membuat Tomini dianggap memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang berlimpah untuk pengembangan wisata bahari.

Oleh karena itu, kawasan ini dijadikan destinasi berikutnya untuk penyelenggaraan Sail Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo, Kusnan Sudrajat, mengatakan Sail Tomini dan Festival Boalemo diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan wilayah Teluk Tomini dan sekitarnya agar kehidupan masyarakatnya pun berkembang.

"Tujuannya untuk mempercepat pembangunan daerah dari sektor perikanan, kelautan, pariwisata. Bukan hanya acara seremonial, tapi diharapkan dengan selesainya sail ini wisatanya maju juga," kata Kusnan pada CNN Indonesia di Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Selasa (5/5).

Berbagai macam kegiatan akan diadakan pada acara ini, mulai dari yacht rally, ekspedisi penelitian maritim, parade kapal perang, pameran, dan seminar ilmiah.

Acara puncak Sail Tomini akan berlangsung pada tanggal 19 September 2015 di Desa Pelawa Baru, Desa Pangi Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Festival Boalemo akan berlangsung tanggal 10 September 2015 di Boalemo, Gorontalo.

Kusnan mengungkapkan akan ada banyak kegiatan yang diadakan dalam festival ini mulai dari parade budaya yang menampilkan 10 etnis dari Gorontalo, festival karawo (kain khas Gorontalo), festival kuliner, dan kegiatan olahraga air lainnya, seperti lomba jet ski dan lain sebagainya.(sumber : http://www.cnnindonesia.com)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUTIARA NABAWI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger